Teori :
Prinsip pembelajaran sosial emosional (SEL) meliputi:1. *Kesadaran Diri (Self-Awareness)*: Mengenali dan memahami emosi, kekuatan, dan kelemahan diri sendiri.
2. *Pengaturan Diri (Self-Regulation)*: Mengelola emosi dan perilaku diri sendiri untuk mencapai tujuan.
3. *Kesadaran Sosial (Social Awareness)*: Memahami dan menghargai perasaan, kebutuhan, dan perspektif orang lain.
4. *Keterampilan Berelasi (Relationship Skills)*: Membangun dan memelihara hubungan yang sehat dengan orang lain.
5. *Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision Making)*: Membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab berdasarkan pertimbangan etis dan konsekuensi.
Urgensi :
Pembelajaran Sosial dan Emosional
untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu di
sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis
(well-being) secara optimal.
Well Being / Kesejahteraan psikologis; sebuah kondisi individu yang memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang
lain, dapat membuat keputusan dan mengatur tingkah lakunya sendiri, dapat memenuhi kebutuhan dirinya dengan menciptakan dan mengelola lingkungan dengan baik, memiliki tujuan hidup dan membuat hidup mereka
lebih bermakna, serta berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya.
Tantangan :
Refleksi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar