Kelas : VIII - Kurmer
Materi : Keberagaman dan Perubahan Budaya serta Kearifan Lokal
Tujuan Pembelajaran :
1. Menganalisis keberagaman budaya yang ada di Masyarakat Indonesia
2. Menganalisis keberagaman yang ada di Sumedang sebagai bentuk kearifan lokal
3. Mengevaluasi perubahan budaya yang terjadi di masyarakat
4. Mengimplementasikan kearifan lokal untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah.
Model Pembelajaran : Inkuiri Learning dan Pembelajaran Kontekstual
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, presentasi dan diskusi (4C)
Games : Tebak Gambar Budaya
Pertanyaan Pemantik :
1. Apa itu budaya?
2. Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?
3. Bagaimana perubahan budaya dapat terjadi di masyarakat?
4. Bagaimana sikap dalam menghadapi perubahan budaya?
5. Bagaimana pentingnya kearifan lokal untuk menghadapi perubahan budaya?
Gambaran Pembelajaran :
Pertemuan 1 : Mulai dari diri (Siswa berliterasi mengenai tujuan pembelajaran dan materi awal), Ekplorasi Konsep (melakukan tanya jawab dengan siswa dengan menggunakan pertanyaan pemantik), Ruang Kolaborasi (siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan budaya yang ada di sumedang)
Pertemuan 2 : Demonstrasi Kontekstual (setiap kelompok tampil presentasi budaya daerah sumedang), melakukan tanya jawab dan pembahasan budaya serta perubahannya dan cara menanggapi perubahan dengan keaarifan lokal).
Pertemuan 3 : Koneksi Antar Materi (Siswa bersama guru membahas materi yang belum dipahami dan mulai membuka pembahasan kedua mengenai cara menanggapi perubahan budaya di masyarakat, siswa membuat refleksi pembelajaran dan latihan soal BAB V, Aksi Nyata membuat Poster Budaya Sumedang dengan menggunakan Canva.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar